Desain Rumah Villa Minimalis

10 Nov 2012

Desain Rumah Villa Minimalis

Desain Rumah Villa Minimalis - Kata “villa” merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yang berarti rumah indah di luar kota. Pada umumnya Villa merupakan sebuah rumah atau bangunan yang berada pada sebuah lereng pegunungan yang cenderung bukan merupakan tempat tinggal tetap, namun hanya digunakan sebagai tempat tinggal sementara untuk berlibur pemiliknya atau bisa juga disewakan kepada para pengunjung.

Desain Rumah Villa Minimalis

Desain Rumah Villa Minimalis

Desain rumah villa beraneka ragam tergantung dari selera pemiliknya. Mempunyai Villa sendiri adalah impian bagi sebagian orang. Karena pada umumnya bangunan Villa adalah berupa bangunan yang bagus. Jadi villa bukan cuma sembarang bangunan yang menyerupai rumah biasa. Karena Villa kebanyakan terletak di daerah pegunungan, maka desain villa haruslah mampu memanfaatkan energi alam yang ada di sekitarnya. Seperti contohnya cahaya matahari yang sangat diperlukan untuk kehangatan dikarenakan iklim di pegunungan yang dingin. Jadi bangunan villa tersebut harus memiliki bukaan-bukaan yang lebar agar mampu memanfaatkan cahaya matahari dengan baik dan tentunya dengan bukaan yang lebar tidak mengganggu privasi penghuninya. Bukaan yang lebar diperuntukkan untuk ruang-ruang yang memiliki sifat publik dan semi publik, seperti ruang tamu, ruang makan, balkon dan ruang santai/keluarga.

Bangunan villa banyak menggunakan material dari kayu yang dipadukan dengan struktur baja berbentuk pipa. Hal itu dilakukan agar bangunan villa terkesan hangat dan elegan, namun tetap memperlihatkan bangunan yang kokoh. Struktur baja pipa sendiri selain berfungsi sebagai penopang dari bangunan, juga berfungsi sebagai estetika. Karena penulis ingin membuat sebuah bangunan villa yang memiliki konsep struktur terbuka atau sttruktur baja yang diekspos.

Kemudian bangunan tersebut dibuat panggung atau mengambang di atas tanah. Hal itu dilakukan agar tidak banyak merusak kondisi tanah pada area tersebut. Karena dengan konsep panggung, tidak akan banyak dari tanah yang di cut and fill. Semua itu dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dan menjaga konsep Green Architecture.

Berikut ini adalah hasil rancangan dari Villa yang menggabungkan gaya minimalis dengan konsep green architecture :

Desain Rumah Villa Minimalis

Desain Rumah Villa Minimalis

Desain Rumah Villa Minimalis

Desain Rumah Villa Minimalis

Desain Rumah Villa Minimalis

Desain Rumah Villa Minimalis


TAGS Desain Rumah Villa Minimalis rumah villa desain villa villa minimalis


-

Author

Follow Me